WaKTU

hari berganti, tahun berlalu.Begitulah sunnatullah( hukum alam): waktu tidak akan pernah kembali! Betapa berharganya waktu. Sungguh tepat apa yang dikatakan oleh sebuah pepatah Arab al-waqtu kash-shaifi( waktu laksana pedang); siapa yang tidak pandai memainkannya, maka ia sendiri yang terluka. Maka itulah, dalam beberapa surat Al-quran, Allah bersumpah dengan waktu. Bahkan, dalam surat Al-Ashr,Allah menyatkan bahwa manusia itu dalam keadaan merugi. Ya, sesungguhnya manusia selalu merugi bila dilihat dari aspek waktu. Kecuali, kata Allah, orang- orang yang beriman, beramal shaleh, dan saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran.

Sebagai generasi muda Islam, kita tentu berharap termasuk golongan orang- orang yang dikecualikan oleh Allah dalam surat Al-Ashr itu, bukan? Untuk itu , mari kita segarkan kembali ingatan kita dengan sabda Rasulullah SAW.”Jagalah masa mudamu sebelum datang masa tuamu.” Sabda beliau ini tampak sederhana, namun makna yang dikandungnya sangat mendalam. Konsekuensi yang dibawanya juga tidak sepele

Betapa tidak? Manakala seseorang sudah diserang oleh ketuaan, banyak sekali kesempatan yang terpaksa dilewatkan. Kesempatan- kesempatan yang seharusnya dapat diraih, harus berlalu begitu saja karena kondisi tubuh sudah tua, ia hanya bisa berkata,” Duh, andai masa mudaku kembali hari ini”. Betapa berharganya masa muda. Amat merugilah orang- orang yang menyia- nyiakannya!

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk menhindari kerugian tersebut? Apa yang harus kita perbuat untuk menjaga masa muda kita?

Tentu kita harus kembali kepada firman Allah dalm surat Al-Ashr diatas. Ya, untuk menjadi orang yang beruntung, jadilah orang yang beriman. Jadilah orang yang beramal saleh. Dan jadilah orang yang saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s