Istidraj

ISTIDRAJ

TULISAN INI SAYA AMBIL DARI BUKU USTAD YUSUF MANSUR.
TEMUKAN PENYEBABNYA, TEMUKAN JAWABANNYA.
Saya menuliskannya kembali HANYA UNTUK SHARING ILMU.
“Jika kamu melihat Allah sedang memberikan karunia-Nya berupa kesenangan dunia kepada seseorang, sedang orang tersebut masih saja berbuat kemaksiatan, maka ketahuilah, itulah yang dinamakan istidraj.”(HR.Ahmad)

Lalu apa yang terjadi ketika semakin tenang, semakin ‘tanpa dosa’ melakukan kemasiatan? Misalnya judi semakin jadi, zina semakin doyan, ngomongin tetangga semakin betah, menzalimi orang menjadi “keperluan”, menipu menjadi kebutuhan. “Maka saat itu kita sudah masuk ke dalam kategori apa yang disebut Allah dan rasul-Nya dengan ‘istidraj’. Ini pulalah yang menjadi jawaban, mengapa ada banyak pelaku kemaksiatan yang masih melenggang seakan tidak dihukum. Jawabannya, mereka ini sedang di-istidraj- kan Allah.
Istidraj adalah penundaan hukuman. Atau biasa juga kebinasaan yang Allah kenakan secara berangsur-angsur sedang orang tersebut tidak menyadarinya. Sadar-sadar, ia sudah dalam kondisi pingsan dan tidak punya apa-apa lagi!
Rasulullah Saw, “kalau kamu melihat Allah sedang memberikan karunia-Nua berupa kesenangan dunia kepada seseorang, sedang orang tersebut masih saja berbuat kemaksiatan, maka ketahuilah, itulah yang dinamakan istidraj”.
Surat al-An’aam ayat 44,
“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.”
Al-Qur’an berkata,nafsu dan setan hanya menawarkan kehinaan, kedukaan, dan penderitaan,
“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luasa (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS.al-Baqarah: 269)

maaf baru dikit…InsyaAllah lain waktu saya tambah.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s