LIKE “DUMAY”

 

Dunia internet atau yang lebih sering disebut “Dunia Maya” atau “Dumay” pada saat ini sudah dikenal luas oleh kalangan usia. Mulai dari anak kecil kelas 1 SD sampai anak kecil yang berumul 50 tahun keatas😀😀

 

Di dunia maya orang banyak menghabiskan waktunya, ada yang mencari informasi, ada yang sekedar buat iseng, ada yang mencari uang, ada yang stalking sosmed mantan😛, dan masih banyak yang lainnya.

Banyak orang berubah setelah mengenal dunia maya, yang tadinya pagi-pagi produktif menjadi kaum pemalas. Misal dulu sebelum kenal dunia maya atau dunia maya belum banyak dikenal orang kalau bangun pagi biasanya adalah ibadah (bagi yang Islam) atau membantu orang tua, membantu instri. Kalau sekarang setelah mengenal dunia maya orang kalau bangun tidur yang dilakukan adalah mengecek status, mengecek inbox dari sosmed yang dia miliki. Jadi menurut gue, kebanyakan mereka lebih suka bermalas-malasan dengan alas an PW (posisi wenak)😀 bersosmed ria.

 

Di dunia maya sekarang banyak banget social media bermunculan tetapi yang paling terkenal di sejagad dunia adalah FB atau Facebook. FB sangat dikenal di manapun, dari orang kota sampai pelosok desa pun mengenal FB. Walaupun penggunaan FB jika di desa belum optimal, karena signal di desa lebih susah daripada di kota😀🙂.

 

Sekarang saja siapa yang tidak punya FB, hampir semua kenal dan mempunyai akun FB. Sebenarnya FB adalah cara lain untuk berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh dengan kita. Tetapi saking sering-nya berFB ria orang menjadi lupa, dan terkesan menjauh dari teman dekat. Istilahnya “ yang jauh bisa jadi dekat, yang dekat bisa jadi jauh” salah satu penyebabnya mungkin karena jika mereka ber FB mereka berfikir apa manfaatnya ber interaksi dengan orang yang sudah kenal, apalagi dekat, apalagi satu wilayah atau satu sekolah, satu desa. Jadi mereka cenderung memilih teman yang jauh disana, yang mungkin jarang bertemu.

 

FB dan sosmed lainnya sekarang adalah media yang menghubungkan orang diseluruh dunia. Apalagi sekarang teknologi Handphone sudah maju banget😀😀

Hamper sekarang orang memiliki handphone atau smartphone yang bisa mengakses internet. Dari Handphone yang harganya 400 ribuan sampai yang harga 10 juta ke atas dengan begitu mudahnya mengakses internet. Hanya saja jaringan disetiap daerah berbeda-beda. Ada yang sudah memakai teknologi jaringan 3G dan 4G. Tapi jika di daerah terpencil masih susah signal karena masih menggunakan jaringan 2,5 G atau Edge😀. Semoga kedepan Indonesia segera menjadi Negara yang maju dalam hal teknologi. Amin Ya Allah.

 

Dunia maya itu begitu luas, tak terukur. Di dunia maya kita mencari informasi apa saja InsyaAllah akan ketemu. Mencara materi sekolah, mencari informasi tentang suatu produk elektronik terbaru, mengetahui spesifikasi sebuah produk terbaru yang mungkin belum keluar (belum resmi keluar). Di dunia maya kita juga bisa membuat diari, diari didunia maya disebut dengan blog. Blog adalah diari tapi di dunia maya, dia bersifat umum. Semua orang bisa membaca dan mengetahui apa isi diari kita. Di dalam diari kita bisa bercerita tentang pengalaman kita sehari-hari, misal dari hal konyol sampai kepad hal yang rahasia. Tapi saya anjurkan jika berbagi di dunjia maya melalui diari blog sebaiknya jangan hal yang bersifat rahasia. Karena segunguhnya rahasia itu sebaiknya jangan diumbar.

 

Oke sedikit membahas Blog. Blog sekarang begitu banyak cara membuatnya. Misal dari Blogspot.com atau wordpress.com dan lain-lain masih banyak yang lainnya.

Blog sekarang sudah popular banget, dengan membuat blog kita bisa mengedit tema, mengedit warna tulisan, mengedit halaman blog kita, mengganti warna blog kita, mengupload foto. Dengan menggunakan blog kita juga bisa berbagi pengalaman kita kepada orang lain yang berada di lain tempat.

Dengan blog juga kita bisa mencari inspirasi dari tulisan orang lain untuk kita posting kembali dii blog kita. O iya di dunia blog ada yang disebut dengan posting. Posting adalah kegiatan menulis di blog kita lalu kita terbitkan. Istilahnya kita mengetik lalu ketikan kita itu diterbitkan agar bisa dibaca orang lain.

 

Dan sekarang di blog kita bisa mendapatkan penghasilan uang. Iyaa uang…tidak salah. Sekarang banyak blog yang memasang iklan. Iklan yang kita klik akan menghasilkan dollar biasanya per klik dibayar $0,… (0, berapa dollar). Banyak sekarang yang rajin blogging untuk mendapatkan trafik agar blognya ramai dikunjungi. Dalam blogging kita juga disarankan tidak boleh asal kopi paste dalam memposting suatu artikel, sebaiknya kita membacara dari blog orang lain lalu kita posting ulang dengan gaya bahasa kita sendiri.

Soalnya jika kita sering asal kopi paste dari blog orang lain nanti mesin pencari google bisa saja memblokir blog kita. Matilah kita .

Dalam nge-blog sebaiknya kita posting artikel yang berdasarkan gaya bahasa kita. Jadi tidak keliatan mencontek dari blog orang lain. misalnya dengan menceritakan kegiatan kita sehari-hari, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi .

Jika kita bisa mengolah kata-kata kita menjadi bahasa yang mudah dimengerti atau menjadi lucu maka bisa dipastikan postingan kita banyak yang baca, dan itu akan meningkatkan traffic blog kita. Sehingga orang banyak membaca dan merekomendasikan temannya untuk membaca blog kita.

Contohnya adalah blog nya bang Raditya Dika. Dulu bang radit rajin posting di blog dia, dia memposting kegiatan sehari-hari dia tapi dibikin humor, dibikin kata-kata yang lucu. Jadi orang yang membaca tidak akan pernah bosan, malah ketawa. Dulu bang radit punya blog Kambingjantan.com

Sampai akhirnya blognya itu di bikin buku, dan dijual sampai best seller. Akhirnya bang radit terkenal dimana-mana. Dari awal dia suka menulis di blog itulah dia dikenal orang. dan blog dia itu dibikin filmnya. Film kambing jantan.com adalah film pelajar bodoh yang ingin hidup bahagia. Bang radit menceritakan kisah cintanya di film tersebut.

Kayaknya itu saja dulu deh yang bisa gue share pagi ini. semoga bermanfaat😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s