HIDUP ITU HARUS PUNYA MIMPI !!!

Rabu, 25 April 2012

Di pagi yang sejuk ini, aku melangkahkan kaki ke masjid untuk menghadap Alloh di rumahnya yang indah, penuh kenikmatan, penuh rahmat.

Pagi ini aku bangun sekitar jam ½ malam.

Aku melihat filmnya Wali Band, Baik-Baik Sayang.

Sebuah perjuangan antara cinta dan karir seorang anak muda yang berlatar belakang keluarga kurang mampu sepertiku.

Dalam film itu aku belajar sesuatu. Yaitu tentang MIMPI.

 

HIDUP ITU HARUS PUNYA MIMPI.

Ketika kita kecil, ketika kita sekolah SD kita pasti pernah disuruh guru kita untuk maju kedepan, atau setidaknya pernah ditanya tentang cita-cita kita. Waktu itu mungkin kita menjawab sangat beragam. Bahkan, kadang-kadang lebih tepat disebut khayalan daripada cita-cita. Ada yang pengen jadi dokter, guru, pilot….dan saya ingat sekali kebanyakan teman saya waktu itu banyak yang ingin menjadi dokter, pilot. Entah ikut-ikutan entah memang pengen bener. He

Saya pernah membaca kata-kata motivasi dalam sebuah lagu yang didalamnya terdapat foto2 yang dibikin slide, kata-kata itu saya catat. Saya ingat lagu itu berisi jejak-jejak hidup seorang mahasiswa ITB dalam karirnya.

“ Tuliskanlah mimpi-mimpi Anda secara nyata

Jangan Anda tulis dalam ingatan saja

Karena pasti Anda akan lupa, Tuliskanlah secara nyata”

 

“Tuliskanlah 100 target Anda diatas kertas

Hingga suatu hari nanti, yang Anda lihat dari 100 target itu hanyalah coretan….

Coretan karena Anda telah mencapainya”

Tulisan itu mengajak kita untuk terus bermimpi, karena dengan mimpi kita mempunyai arah hidup kita kedepan. Dengan kata lain, impian itu tidak saja penting, tetapi sangat penting!

Mendiang Soekarno mengajurkan, gantunglah cita-cita setinggi langit? Percayalah itu benar. Paling tidak, Anda akan nyundul langit-langit.

Begitu Anda menargetkan 100 unit, lazimnya Anda akan meperoleh di bawah 100 unit. Mungkinkah di atas 100? Mungkin saja. Tetapi sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, jangan pernah main-main dengan impian Anda. Perbesarlah!

Milikilah impian yang luar biasa, karena impian luar biasa akan menghimpun orang-orang yang luar biasa pula. Mereka bagaikan dikirim oleh Tuhan kepada Anda untuk merealisasikan impian-impian Anda.

Visualisasikan impian Anda. Caranya? Katakanlah Anda menginginkan rumah. Maka pajanglah gambar rumah yang Anda idam-idamkan di kamar Anda. Tataplah gambar atau tulisan tersebut setiap hari. (Hei, saya tidak bergurau!)

Terus, bayangkanlah! Hingga pada akhirnya, apa yang Anda cita-citakan itu terinstal di alam bawah sadar Anda (subconscious mind). Apabila sudah sampai pada kondisi yang sedemikian, tanpa diperintahkan sekalipun alam bawah sadar Anda akan mencari celah untuk meraih impian-impian Anda – setiap detiknya.

Selanjutnya, komunikasikan impian Anda pada orang-oran di sekitar Anda. Ini betul-betul cara gila. Jika perlu, beri tahu pula kapan impian itu akan terealisasi. Setidak-tidaknya, inilah yang diterapkan oleh penemu terbesar sepanjang zaman, Thomas Edison.

Lha, apa manfaatnya? Pertama, itu akan men-deadline diri Anda sendiri, sekaligus mengobarkan semangat. Kedua, itu menjadi semacam ikrar kepada publik bahwa Anda tidak akan gentar dan terus berikhtiar. Ketiga, setelah dikomunikasikan, secara otomatis orang-orang di sekitar Anda akan memberikan berbagai masukan untuk Anda. Jadi, rencana-rencana Anda semakin matang.

Hal yang patut diwaspadai hanyalah “si penjagal impian” yang tidak henti-hentinya mementahkan dan mematahkan harapan Anda terutama ketika impian Anda terdengar sedikit gila di telinga mereka. Lazimnya mereka nyeletuk, “Ah, sudahlah! Jangan macam-macam, deh. Terima saja apa adanya.” Pesan saya, jangan dengarkan ocehan sinis mereka!

 

Sesudah itu, apa lagi?? Berbuatlah! Boleh-boleh saja dream Anda selangit, namun Action Anda harus membumi. Dalam kalimat lain, sebesar apa pun impian, harus dimulai dengan langkah yang kecil. Dream big, start small.

Tulisan ini saya tulis sendiri…dan mengambil sebagian tulisan dari buku 10 Jurus Terlarang!! Penulisnya Ippho Santosa.

Semoga bermanfaat

 

2 pemikiran pada “HIDUP ITU HARUS PUNYA MIMPI !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s