MENCURAHKAN GAGASAN MENULIS

MENCURAHKAN GAGASAN MENULIS

Bagaimanakah cara mengembangkan gagasan dari sebuah ide? Herwono, seorang praktisi menulis menawarkan metode minp map untuk menjabarkan gagasan. Minp mapping, atau peta pikiran, adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Metode ini memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas. Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan ketika melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.

Metode ini sangat mudah. Anda hanya memerlukan selembar kertas kosong, pena atau pensil berwarna, otak dan imajinasi. Siapa saja bisa mempraktikkannya. Mulailah dengan menuliskan ide atau tema utama di tengah kertas dengan ukuran huruf yang besar dan tebal. Beri kotak atau lingkaran. Selanjutnya, pikirkanlah hal-hal yang berkaitan di sekirar lingkaran. Beri garis penghubung untuk menandakan keterkaitan. Pada tahap ini sudah berhasil mengurai tema tersebut.

Selanjutnya, anda fokus ke salah satu cabang pikiran. Tuliskanlah lagi hal-hal rinci di setiap cabangnya. Terus berpikir dan menulis hingga gagasan itu berkembang menjadi rantai gagasan. Gunakan tinta warna-warni dan gambar-gambar agar lebih interaktif. Sesekali, tambahkan ikon atau gambar yan menurut anda menarik.

Metode ini mirip sebuah pohon. Ide utama sama dengan batang, sedangkan sub-subtopik sama dengan cabang-cabang, sedangkan ide-ide pokok sama dengan ranting-ranting yang secara berkelompok menjadi bagian cabang per cabang.
Nah, setelah semuanya terurai, Anda tinggal mengatur komposisi gagasan. Menuliskannnya sesuai teori yang sudah dikuasai. Jangan takut Anda kehabisan bahan atau ide. Jika tiba-tiba tulisan menjadi buntu, anda dapat kembali merujuk peta pikiran yang sudah di susun dan kembali berselancar melepaskan imajinasi Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s